GERPARI Pelalawan Ada Untuk Atasi Pakan Ikan Yang Mahal

 

Riaubook - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan, luncurkan program Gerakan Pakan Ikan Mandiri (GERPARI) yang berguna untuk menekan biaya pakan ikan sehingga dapat menaikan keuntungan bagi para petani perikanan.
Demikian disampaikan Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan HT Wahiduddin kepada awak media di kantornya, Rabu (21/12/2017).
Lanjut Kadis ini lagi, akibat harga pakan ikan pabrikan yang cukup tinggi dipasaran, hampir dipastikan 70 sampai 80 persen hasil produksi budi daya ikan teralokasi ke pembelian pakan ikan.
"Cukup tinggi biaya yang harus dikeluarkan para petani ikan untuk penyediaan pakan ikan, sehingga dapat menurunkan kwalitas hasil panen," kata Kadis Wahiduddin.
Dilanjutkannya kembali Program GERPARI ini sangat menentukan tingkat keberhasilan petani perikanan dalam menekan harga pakan yang cukup tinggi, sehingga melalui program ini, persoalan petani ikan akan dapat diatasi, dan kemudian keuntungan yang didapat petani ikan jauh lebih menjanjikan.
"Semua ini untuk meningkatkan pendapatan petani ikan dan sekaligus dapat mengatasi apabila terjadi kelangkaan dalam pengadaan pakan ikan dipasaran," katanya lagi.
Dan untuk mendukung Program GERPARI ini Dinas Perikanan dan Kelautan Pelalawan mendapatkan anggaran APBN Tahun 2016 dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan RI berupa mesin penbuatan pakan dan juga sekaligus bahan bakunya. Tidak itu saja melalui APBD Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga telah memberikan bantuan mesin pakan ikan untuk kelompok pondokan yang lain.
"Semua bantuan itu telah kita serahkan kepada kelompok pondokan petani ikan. Untuk bantuan Pemerintah Pusat diberikan kepada tiga kelompok pondokan petani ikan yaitu Pondokan Patin Jaya, Pondokan Simpang Empat Bersatu, dan Pondokan Muliaya Jaya," kata Kadis Perikanan Wahiduddin ini mengakhiri. [RB/ton]. 

Sumber : Riaubook