Kamis, 08 Maret 2018

Ratusan Petani Ikan Jangari Cianjur Ramai-ramai Buru Eceng Gondok

Pada kegiatan tersebut terlihat ratusan petani ikan bergotongroyong mengangkat eceng gondok yang memenuhi waduk Cirata.
POJOKJABAR.com, CIANJUR – Upaya meningkatkan hasil panen, ratusan petani ikan di Jangari melakukan aksi bersih-bersih di waduk Cirata, Rabu (28/2/2018).
Pada kegiatan tersebut terlihat ratusan petani ikan bergotong royong mengangkat eceng gondok yang memenuhi waduk Cirata.
Ketua Paguyuban Petani Ikan Cirata (PPIC), Wawan Setiawan mengatakan, adanya kegiatan tersebut karena para petani miris melihat kondisi perairan Cirata saat ini yang banyak ditumbuhi eceng gondok.
“Keberadaan eceng gondok ini dapat mempengaruhi pertimbuhan ikan, sehingga hasil panen ikan terus menurun,” katanya.
Ia menjelaskan, pada kegiatan kali ini hanya beberapa perwakilan petani ke depan setiap hari Jumat semua petani harus membersihkan waduk Cirata ini.
“Saat ini ada dua puluh perahu yang membersihkan di area pinggir genangan dan puluhan perahu lainnya ke tengah genangan. Selain perahu yang bergerak, petani di jaring terapung juga diperintahkan untuk membersihkan eceng gondok di sekitar area jaring terapung,” katanya.
H Abad Mutaqin, seorang petani nelayan mengatakan bahwa keberadaan eceng gondok mengambil oksigen di air, sehingga nafsu makan ikan juga ikut berkurang.
“Kebanyakan negatifnya karena terlalu banyak juga akan menutup sinar matahari di kolam, lalu oksigennya juga bisa berkurang,” ujar Abad.
Seorang petani ikan lainnya, Abah Memet (60) mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengupayakan ada pihak yang menampung limbah dari eceng gondok.
“Dalam skala kecil ada yang mengambil untuk dijadikan pupuk organik,” katanya.
Ketua Kelompok Tirta Jangari, Dadan Hamdan mengatakan, kebersihan genangan sangat berpengaruh kepada kenyamanan pengunjung wisata.
“Pengunjung dari Timur Tengah dan Asia mulai ada, namun Eropa belum pernah ada,” katanya.
Ia mengatakan standar untuk menarik wisatawan Eropa satu di antaranya dengan memperindah kawasan wisata satu di antaranya dengan membersihkan daerah genangan.
“Kami juga sedang mengupayakan kawasan wisata baru di tengah pulau daerah genangan,” ujarnya.
Sumber : pojokjabar