Rabu, 18 Januari 2017

PETANI JAGUNG: Mentan Beri Instruksi, Bulog Siap Beli


Bisnis.com, KENDARI - Menteri Pertanian memerintahkan Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Tenggara (Sultra) membeli jagung petani dengan harga yang sudah ditetapkan.
Kepala Divisi Regional Bulog Sultra Laode Amijaya Kamaluddin   mendapat instruksi langsung dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar bisa menampung semua produksi petani jagung.

"Sekarang Bulog siap menampung jagung hibrida yang ada di seluruh Sultra. Berapapun jumlahnya kami siap membelinya sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat untuk memberikan kepastian harga dan pasar hasil panen petani jagung," kata Amijaya, Sabtu (14/1/2017).

Ia mengaku dukungan pemerintah pusat terhadap pengembangan jagung hibrida di Sultra sangat besar dengan cara memberikan bibit untuk luas tanam puluhan ribu hektare.

"Dukungan pemerintah pusat tersebut dimulai dengan penanaman perdana jagung hibrida seluas 10 ribu hektare di Konawe Utara. Hal itu diikuti pula oleh daerah lain di Sultra mengembangkan jagung," katanya.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa pemerintah daerah yang sedang mengarahkan daerahnya menjadi sentra produksi jagung di daerah itu.

"Kita sudah sampaikan kepada perwakilan Bulog yang ada di daerah dan seluruh bupati agar ikut mendorong petani tingkatkan produksi jagung," katanya.

Menurut Amijaya, kesiapan yang sudah ditunjukkan untuk menampung semua hasil panen jagung adalah membangun gudang di daerah sentra produksi jagung.

"Dua gudang sudah selesai dibangun yakni di Sidodadi Kabupaten Muna Barat dan Unaaha Kabupaten Konawe," katanya.

Saat ini Bulog sedang dalam proses untuk membangun empat gudang lagi yakni Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Kolaka Utara.