Kamis, 06 Maret 2014

DKP Menyeriusi Usaha Budidaya Ikan

SAMUDRA, METRO-Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) menjadi salah satu program unggulan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) pada saat ini. Program kegiatan yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat ini mendapatkan respon positif dan diminati masyarakat.
Pengembangan Usaha Mina Pedesaan ini, merupakan bagian dari pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri KP) melalui bantuan pengembangan usaha guna menumbuhkembangkan usaha perikanan sesuai dengan potensi desa dengan anggaran dana APBN dan dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Kepala Bidang Perikanan Budidaya DKP, Hartaleni menjelaskan, Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) dalam hal budidaya ikan, untuk saat ini secara total telah terdaftar sebanyak 26 kelompok masyarakat pembudidayaan ikan yang tersebar di sejumlah kecamatan yang ada. Seperti, Kecamatan Kuranji, Kototangah, Nanggalo, Lubuk Kilangan, Pauh dan lainnya. ”Pada 2012 telah terbentuk sebanyak 7 kelompok. Untuk 2013 sebanyak 8 kelompok sedangkan untuk 2014 yang sedang berjalan ini sudah ada 11 kelompok,” ujarnya.
Program PUMP ini diharapkan dapat membantu wirausaha kecil untuk meningkatkan skala usahanya sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka serta membuka lapangan kerja baru. Sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, bantuan PUMP saat ini diprioritaskan untuk mengembangkan usaha sehingga terciptanya usaha skala home Industri yang maju dan mampu bersaing.
Untuk persyaratan yang harus dipenuhi setiap kelompok masyarakat yang ingin mendaftar pada program tersebut yakni memiliki usaha dalam bidang budidaya ikan, memiliki kolam, tergolong dalam masyarakat miskin mengajukan permohonan yang dikukuhkan oleh lurah.   
”Setiap kelompok budidaya ikan terdiri dari sekitar 12 orang, kelompok ini akan mendapatkan dana senilai 65 juta yang akan dipergunakan untuk pengembangan usaha budidaya tersebut. Tim teknis dari Dinas Kelautan dan Perikanan kota Padang secara langsung akan mendampingi dan menuntun kelompok tersebut, seperti di mana pembelian benih, pakan ikan dan perawatan yang baik serta teknis pengembangan usaha,” ujarnya. (cr24)

Sumber : Posmetro padang