Selasa, 16 Desember 2014

Komisi IV Harap Pemerintah Kembangkan Industri Udang

Selama ini Indonesia impor udang, padahal bisa produksi sendiri.


Kunjungan Komisi IV ke SulselVIVAnews - Komisi IV DPR berharap Pemerintah ikut membudidayakan dan mengembangkan udang untuk kemudian disebarkan di berbagai wilayah Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi (F-PAN) saat pertemuan dengan Bupati Barru di Bort Stok Center Udang Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (10/12).

“Selama ini pemerintah Indonesia mengimpor mulai dari benih, induk dan pakan udang. Padahal Indonesia mampu memproduksi sendiri. Dengan begitu Indonesia akan mampu mengekspor udang ke mancanegara. Bahkan bukan tidak mungkin Indonesia akan dapat menjadi eksportir udang utama,” ujar Viva Yoga.

Dilanjutkan Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional ini dengan teknologi super intensif diharapkan akan dapat meningkatkan produksi udang. Hal tersebut mengingat dalam dasawarsa ke depan komoditi udang akan tetap menjadi primadona, karena komoditas udang termasuk jenis yang paling banyak diminati para konsumen di dunia. Pola pemasaran ekspor Indonesia saat ini bisa dikatakan masih tergolong pasar tunggal.

“Dewasa ini udang menjadi primadona dalam perdagangan global. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk kejayaan udang di tanah air. Dan ke depan kita harus yakin Indonesia akan dapat menjadi produsen utama udang di dunia. Sehingga dengan hasil Industri udang tersebut diharapkan akan berperan strategis dalam mengatasi permasalahan bangsa,” papar Viva. (www.dpr.go.id)
Sumber : vivanews