Selasa, 12 Januari 2016

Registrasi Gratis Untuk Produk Pakan Ikan Lokal

Ilustrasi pakan ikanJakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan memberikan pelayanan registrasi pakan ikan yang diproduksi oleh Kelompok Pakan Mandiri (Pokanri) pada tahun ini, agar kualitasnya terjaga.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, kebijakan tersebut sebagai upaya untuk mendorong masyarakat mengembangkan Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari).

"Saat ini biaya registrasi sekitar Rp2 juta - Rp3 juta, Kami akan memberikan registrasi pakan secara gratis, cuma-cuma kepada masyarakat," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (8/1).

Sementara itu, Slamet menuturkan, UPT (unit pelaksana teknis) sebagai ujung tombak di daerah, akan terus membina, mengontrol dan memonitor kualitas pakan ikan mandiri yang beredar. Terkait hal itu laboratorium nutrisi dan kesehatan ikan dan lingkungan, lanjutnya, akan terus ditingkatkan pelayanannya. Menurut dia, pada tahun ini terdapat sekitar 260 kelompok pakan mandiri (Pokanri) yang akan disertifikasi, sedangkan pada 2015 sebanyak 300 Pokanri.

Melalui Gerpari, Slamet menyatakan, pihaknya akan dorong produksi pakan ikan secara mandiri dengan memanfaatkan bahan baku lokal, sehingga diharapkan, selain bisa menurunkan biaya pakan, akan memunculkan kelompok-kelompok baru seperti pokanri, kelompok penyedia bahan baku, dan juga kelompok distribusi pakan mandiri.

"Sehingga akan mampu menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia juga mengklaim, Gerpari mampu menekan biaya produksi pakan dari yang sebelumnya 80% menjadi 60%.

"Dengan demikian akan meningkatkan marjin keuntungan yang diperoleh pembudidaya ikan," katanya.

Sumber : beritasatu.com